Rabu, 14 Mei 2014

Turkish Dance

KOLBASTI


Kolbasti ,ini adalah nama sebuah tarian mungkin bagi kalian begitu aneh mendengarnya. Tapi dibalik dari kata itu mempunyai arti awal dari tarian itu. Kalian tahu gak tarian ini berasal dari mana?? yup, kali ini saya menceritakan tentang turki lagi hehehe :) jadi tarian kolbasti berasal dari Turki. Kalau menurut aku tarian ini bukan tarian tradisional, karna sifatnya seperti dance modern, mungkin kalian gak tahu kayak bagaimana nanti aku kasih tahu gerakannya dan videonya. Sebelumnya aku mau ceritain asal usul tariannya dan terbentuknya nama dari tarian tersebut.
Kolbastı tersebut dikatakan berasal dari Faroz - lingkungan pesisir di Trabzon. Menjelaskan bahwa itu bahkan tidak dapat dikaitkan dengan seluruh provinsi Trabzon, Akay mengatakan tarian yang dilakukan di lingkungan mengambil nama Faroz dan mereka yang menari Faroz disebut "serseri" (gelandangan) karena mereka tidak memiliki pekerjaan tetap dan menghabiskan waktu mereka iseng berkeliaran. "Dikatakan bahwa anak laki-laki muda yang digunakan untuk menari kolbastı pada upacara pernikahan dan ketika mereka keluar dari tangan, polisi - 'pasukan kolluk' - 'menyerbu' lingkungan, yang mana nama tarian berasal dari , "Akay diklarifikasi, ada juga berkata lain.

Kata kolbastı adalah senyawa yang dibentuk oleh kata-kata "kol" dan "Basti" dalam bahasa Turki. Sementara "kol" senyawa berasal dari "pasukan kolluk" yang adalah petugas polisi setempat, "Basti" berarti "menyerang," sehingga arti harfiah dari kata itu adalah "polisi menyerbu" . Hmm.. yah yang penting awalnya dari pasukan kolluk juga, tapi beberapa video kolbasti yang berawal dari nelayan, aku bingung jadi awalnya dari yang gelandangan atau nelayan sih?? -_- yah yawdah forget it. 

Unsur-unsur Tari Kolbasti
 1. Gerak
Gerak dalam tari kolbasti lebih menonjol pada gerak tangan dan kaki serta melompatkan badan kekanan dan kekiri. Sedangkan gerakan lainnya seperti shuffle, berputar dengan gerakan dasar,dan biasanya dilakukan berlima atau lebih shingga di tengah tarian akan ada bagian membuat posisi lingkaran menari secara bergantian kayak battle gtu. Dari tari tersebut ada gerakan yang unik biasanya di tarian tersebut, yaitu seorang lelaki mengangkat tangan dan memutarkannya seperti memegang tali yang panjang lalu melemparkannya ke arah perempuan (menyangkutkannya), laki-laki pun menariknya dan perempuan serasa tertarik olehnya, tapi gak beneran ada tali, jadi kayak pantomim gitu. Lalu ada gerakan yang biasanya ada di setiap pembuka yaitu seorang laki-laki sedang berkelahi, lalu laki-laki itu mendorongnya sehingga jatuh dan pingsan, dan laki-laki yang mendorongnya tersebut mendekatkan keplanya kebadan orang yang terjatuh tadi, hmm mungkin mau dengeri detak jantungnya kali ya?? abis itu dia mencoba menekan dada laki-laki itu agar terbangun. Tiba-tiba dia terbangun,loncat dan segera menarikannya. Selanjutnya baju/kaos yang dikenakan sering di tarik atau digoyangkan layaknya kita kayak kegerahan gitu,tapi sambil meloncat2. Sebenarnya masih banyak lagi gerakan unik lainnya tapi kalau aku jelasin lagi satu per satu, pasti banyak banget dan belum tentu agan2 ini mau baca,karna melihat ketikan sebanyak ini -_- #MalasBaca. Ini untuk videonya bagi yang mau gerakan dasarnya untuk belajar.





  2.  Musik Pengiring
Dalam tari kolbasti ada beberapa alat music yang mengiringi tari kolbasti antara lain, 

*Gambus



Ada beberapa unsur alat music modern yang digabungkan ke dalam lagu pengiring dalam tari kolbasti diantaranya
*Cajon


  3.  Kostum/Baju
Kostum untuk tari kolbasti lebih dominan pada warna hitam dan putih, tetapi bisa juga dengan warna yang lain, dan biasanya berupa kaos sesuai dengan tempat untuk pementasan. Untuk aksesorisnya antara lain:

*Bedlah, untuk penari wanita


*Sorban, dapat dipakai oleh pria maupun wanita
  


*Flat shoes,dipakai oleh wanita
  


*Celana Jasmine,dipakai oleh wanita



1.       Make up/tata rias
Karna sejarahnya tarian ini ditarikan oleh masyarakat kalangan bawah, jadi make up untuk tari ini tergolong sederhana, hanya mengunakan Bedak, serta rambut para penari perempuan dibiarkan tergerai, dan jarang yang menarikan dengan berjilbab.

2.      Tata Panggung
Tarian ini bisa ditarikan di panggung mana saja dan berbentuk apa saja. Baik dari panggung terbuka maupun tertutup (jalanan, panggung pentas atau lapangan). Biasanya tarian ini ditarikan diacara pernikahan.

Gimana kalian tertarik untuk mencoba tarian ini?? saya sering mencobanya tapi untuk gerak dasar saja udah ngos2-san :(, jadi begitu susah. Tarian ini memiliki lagu khusus,yaitu lagu kolbasti, yang menyanyikan kalau gak salah Sinan Yilmaz,lagunya seru dan ber energyc, lagunya  dan lyrics nya click link ini : http://shabillafieldza.blogspot.com/2014/05/lyrics-kolbasti-dance.html . Oh ya tarian ini begitu banyak macam variasinya dan gerakan unik lainnya seperti halnya tari saman. aku kirim video lagi deh, kalo kurang puas cari aja  yah di u-tube, ada juga loh versi Arabnya mau gk nih?? ywdah silahkan lihat video kolbastinya sama yang versi Arabnya check it out!!! >_< 










Beberapa foto tentang Kolbasti

2 komentar:

  1. thnks ya... saya sering melihatnya di youtube, dan disini jawabannya,,, tarian ini sangat enerjik dan sangat dinamis.

    BalasHapus
  2. ya sama2 terima kasih sudah mengubjungi blog saya

    BalasHapus