Jumat, 16 Mei 2014

Arabic Dance

DABKE

Kali  ini aku mau ceritain tentang tarian khas timur tengah, mungkin yang kalian tahu adalah tari Zapin. Tapi, tarian ini berasal dari berbagai negara yang ada di timur tengah, aku juga belum tahu pasti tarian ini aslinya berasal darimana, karna setiap negara yang ada di timur tengah memiliki tarian ini dengan beda variasinya seperti tari saman.


Tarian Arab ini lebih populer di Lebanon, Israel, Yordania, Bosnia, Turki, Suriah, dan Irak. Tapi jika kalian search di u-tube lebih banyak atau menonjol adalah Lebanon. Aku gak bisa ceritain banyak tentang tarian ini karna, tarian ini tidak begitu populer. Kalau kalian punya teman orang yang berasal dari negara yang aku sebutkan tadi coba tanyakan pasti mereka tahu.Oke langsung saja bagaimana cara menarikannya, ini aku sampaikan apa yang aku tahu ya :).


·       Gerak

Gerakan lebih menonjol pada kaki, seperti tarian Kolbasti yang pernah aku sampaikan. Yaitu , kaki bergerak kekanan dan kekiri sambil meloncat, selain itu kaki sering di hentakkan. Tarian ini biasanya dilakukan 7 orang atau lebih dan mereka menari sambil bergandengan tangan atau memegang bahu satu sama lain dan mengelilingi area. Posisi tarian tersebut seperti berbaris ke samping atau berderet. Ada seorang pemimpin dari tarian tersebut yang selalu berada dikanan(ujung).



Pemimpin tersebut yang biasanya memberikan kode terhadap teman yang disampingnya, dan biasanya pemimpin lebih banyak tingkah hahaha. Oh ya ciri khas gerakan ini biasanya pemimpin memegang sesuatu benda untuk diputar2-kan diatas kepalanya, barang tersebut yang sering aku lihat adalah kain,tali,atau rantai kecil pendek. Ditengah bagian tarian itu akan ada penari dari dabke menawarkan ke teman-teman atau orang yang ada disekitar itu untuk menari bersama-sama dan sebanyak mungkin, ya itulah indahnya kebersamaan :D .



·       Tempat

Tempat tidak begitu terbatas bisa dilakukan dimana saja. Biasanya ini dilakukan diacara pernikahan.



·       Properti/Pakaian

Untuk permpuan biasanya memakai kaos, sedangkan laki-laki memakai kaos atau kemeja tapi ada juga khusus kostum dabke,aku gak begitu tahu nama kostumnya. Sedangkan property yang sering dipakai adalah Sorban dan Bedlah. Sorban dipakai perempuan dan laki-laki sedangkan Bedlah khusus untuk perempuan.

 Sorban
Bedlah



·       Musik

Musik bermacam-macam dan pasti sama aja kayak gambus gitu , judulnya kalau gak salah "Lebanese Dabke Huwara" . Aku Cuma punya itu lagunya jadi kalau ada yang mau lagunya search di U-Tube *Dabke Song* .



Tarian ini biasanya dilakukan pada laki-laki dan jarang ditarikan oleh perempuan. Gimana menurut kalian tentang tarian ini??? Seru kan ?? mungkin belum pada tahu ya, yawdah yang mau belajar silahkan click link ini : http://www.dabke101.com/
Bagi kalian yang mau lihat tariannya seperti apa yukk langsung lihat videonya dibawah ini check it out!! >_<






Tidak ada komentar:

Posting Komentar